Aliran pendidikan adalah Aliran-aliran pendidikan telah dimaulai sejak awal hidup manusia, karena setiap kelompok manusia selalu dihadapkan dengan generasi muda keturunannya yang memerlukan pendidikan yang lebih baik dari orang tuanya. Di dalm kepustakaan tentang aliran-aliran pendidikan, pemikiran-pemikiran tentang pendidikan telah dimulai dari zaman Yunani kuno sampai kini. Oleh karena itu bahasan tersebut hanya dibatasi pada beberapa rumpun aliran klasik, pengaruhnya sampai saat ini dan dua tonggak penting pendidikan di Indonesia.
Ada
beberapa macam aliran pendidikan, antara lain :
v Aliran
Nativisme ( naturalisme )
Nativisme berasal dari kata Nativusyang
berarti kelahiran. Tokoh aliran ini adalah Arthur Schopenhauer (1788-1860)
seorang filosof dari jerman, yang berpendapat bahwa hasil pendidikan dan
perkembangan manusia itu ditentukan oleh pembawaan yang diperolehnya sejak anak
itu di lahirkan.
Perkembangan seseorang merupakan
produk dari pembawaan yang berupa bakat.
Natur artiya alam, atau apa yang
dibawa sejak lahir. Aliran ini sama dengan aliran nativisme. Naturalism yang di
pelopori oleh Jean Jaquest Rousseau, berpendapat bahwa pada hakikatnya semua
anak manusia adalah baik pada waktu dilahirkan yaitu dari sejak tangan sang
pencipta.
Jean J.R juga berpendapat bahwa
jika anak melakukan pelanggaran terhadap norma-norma, hendaklah orang tua atau
pendidik tidak perlu untuk memberikan hukuman.
v Aliran
Empirisme (optimisme )
Empire artinya pengalaman. Aliran
ini berlawanan 180’ dengan aliran nativisme, karena berpendapat bahwa dalam
perkembangan anak menjadi dewasa itu sangat dipengaruhi oleh lingkungan atau
pengalaman dan pendidikan yang diterimanya sejak kecil. Pada dasarnya manusia
itu bias di didik dengan apa saja menurut kehendak lingkungan atau pendidiknya.
Tokoh aliran ini adalah John Locke.
Aliran empirisme mengutamakan perkembangan manusia dari segi empirik yang
secara external dapat diamati dan mengabaikan pembawaan sebagai sisi internal
manusia. Dengan kata lain pengalaman adalah sumber pengetahuan. Sedangkan
pembawaan yang berupa bakat tidak diakui.
v Aliran
Konvergensi
Aliran
ini dipelopori oleh William Stern, seorang ahli ilmu jiwa berkebangsaan jerman yang
berpendapat bahwa pembawaan dan lingkungan keduanya menentukan perkembangan
manusia. Sehingga aliran ini merupakan kompromi atau kombinasi dari nativisme
dengan empirisme.
Pendidikan
dijadikan sebagai penolong kepada anak untuk mengembangkan potensinya. Aliran
ini lebih realistis, sehingga banyak diikuti oleh pakar pendidikan.
Konvergensi
berasal dari kata Convergative yang berarti penyatuan hasil kerja sama untuk
mencapai suatu hasil. William S mengatakan bahwa kemungkinan –kemungkinan yang
dibawa sejak lahir itu merupakan petunjuk-petunjuk nasib manusia yang akan
datang dengan ruang permainan. Dalam ruang
permainan itulah terletak pendidikan dalam arti luas. Tenaga-tenaga dari
luar dapat menolong tetapi bukanlah ia yang menyebabkan perkembangan itu,
karena ini datangnya dari dalam yang mengandung dasar keaktifan dan tenaga
pendorong.
v Aliran
Progressivisme
Progressivism
berasal dari kata progress (maju) adalah sebuah faham filsafat yang lahir dan
sangat berpengaruh dalam abad ke-20. Aliran filsafat ini kelahiran Amerika dan
pengaruhnya terasa di seluruh dunia mendorong usaha pembaharuan didalam
lapangan pendidikan.
Dalam
banyak hal aliran progressivisme identik dengan pagmatisme. Tokoh-tokoh aliran progressivisme/pragmatism
diantaranya Willim James, John Dewey, Hans Vaillinger, Ferdinand S dan George
S.
Pada
dasarnya aliran ini memandang bahwa pendidikan adalah sebagai wadah untuk
menjadikan anak didik yang memiliki kualitas dan terus maju sebagai generasi
yang akan menjawab tantangan zaman peradaban baru.
John
Dewey memandang bahwa pendidikan sebagai proses dan sosialisasi. Artinya
pendidikan sebagai proses pertumbuhan dan proses bagi anak didik sehingga dapat
mengambil pelajaran dari setiap kejadian dan pengalaman dilingkungan
sekitarnya.
W.H.
Kilpatrik (yang mengembangkan metode problem solving) mengemukakan tentang
kurikulum yang dianggap baik terdiri dari :
Ø Kurikulum
harus dapat meningkatkan kualitas anak didik sesuai dengan jenjang pendidikan.
Ø Kurikulum
yang dapat mengubah perilaku anak didik menjadi kreatif, adaptasi dan mandiri.
Ø Kurikulum
yang sanggup membina dan mengembangkan potensi anak didik.
Ø Kurikulum
bersifat fleksible dan berisi tentang berbagai macam bidang studi.
v Aliran
Essensialisme
Essensialisme
–essensi (pokok) merupakan aliran yang memandang terhadap pendidikan harus
didasarkan pada nilai-nilai kebudayaan yang telah ada sejak awal peradaban
manusia. Aliran ini berpedoman pada peradaban sejak zaman renaissance. Dalam
zaman renaissance muncul tahap-tahap pertama dari pemikiran essensialis yang
berkembang selanjutnya sepanjang perkembangan zaman renaissance itu sendiri.
Perbedaannya
yang utama adalah memberikan dasar berpijak pada
Pendidikan
yang penuh fleksibel, Dimana serba terbuka untuk perubahan, toleran dan tidak
keterkaita dengan dokrin tertentu.
Paham
filsafat idealism plato dan paham filsafat idealisme Aristoteles adalah dua
aliran pikiran yang membentuk konsep-konsep berpikir golongan essensialisme. Essensialisme
didasari atas pandangan humanisme yang merupakan reaksi terhadap hidup mengarah
keduniawia, serba ilmiah dan matrealistik.
Tujuan
umum aliran progressivisme adalah membentuk pribadi bahagia dunia dan akhirat.
Isi pendidikannya mencakup ilmu pengetahuan, kesenian dan segala hal yang mampu
menggerakkan kehendak manusia.
Butler
mengemukakan bahwa sejumlah anak untuk setiap angkatan baru haruslah dididik
untuk mengetahui dan mengagumi kitab suci, sedangkan Demih Kevich menghendaki agar
kurikulum berisikan moralitas yang tinggi.
v Aliran
Perennialisme
Perennialisme
diambil dari kata perennial, yang artinya kekal atau abadi. Dari makna yang
terkandung dalam kata itu, Aliran ini mengandung kepercayaan filsafat yang
berpegang pada nilai-nilai dan norma-norma yang bersifat kekal abadi. Aliran
filsafat ini termasuk pendukung yang kuat dari filsafat essensialisme. Pendiri
utama dari filsafat ini adalah Aristoteles yang kemudian didukung dan
dilanjutkan oleh Thomas Aquinas, sebagai reformer utama pada abad ke-13.
Asas-asas
filsafat perennialisme bersumber pada dua filsafat kebudayaan, yaitu perennialisme
theologies, yang ada dalam pengayoman supremasi gereja katolik, khususnya
menurut ajara dan interpretasi Thomas Aquinas, dan perennialisme sekuler, yakni
yang bepegang teguh pada ide dan cita Filosofis
Plato dan Aristoteles.
Tujuan
pendidikan yang dikehendaki Thomas A adalah sebagai usaha untuk mewujukan
kapasitas yang ada dalam individu agar menjadi aktivitas, aktif dan nyata.
v Aliran
Rekonstruksionisme
Kata
rekonstruksionisme dalam bahasa inggris “reconstruct” yang berarti menyusun
kembali. Dalam konteks pendidikan, aliran ini adalah suatu aliran yang bercorak
modern.
Pada
prinsipnya aliran ini sepaham dengan aliran perennialisme, yaitu hendak
menyatakan krisis kebudayaan modern.
Untuk
mencapai tujuan itu, rekonstruksionisme berusaha mencari kesepakatan semua orag
mengenai tujuan utama yang dapat mengatur tata kehidupan manusia dalam suatu
tatanan baru pada seluruh lingkungannya.
Aliran
konstruksionisme berkeyakinan bahwa tugas penyelamata dunia merupakan tugas
semua umat manusia atau bangsa.
Kemudian aliran ini memiliki potensi bahwa masa
depan merupakan suatu dunia yang diatur, diperintah oleh rakyat secara
demokratis dan bukan dunia yang dikuasai oleh golongan tertentu. Cita-cita
demokrasi yang sungguh bukan hanya sekedar teori tetapi harus menjadi
kenyataan, sehingga dapat diwujudkan suatu dunia dengan potensi-potensi
teknologi, mampu meningkatkan kualitas kesehatan, kesejahteraan dan kemakmuran
serta keamanan masyarakat tanpa membedakan warna kulit, keturunan, nasionalisme
dan agama (kepercayaaan ) Grup Kami HeroShop
1 komentar:
Ada barang baru n barang lama turun harga :)
Buat semua hp, gadget, smartphone, laptop, tablet, dll
makro wide fisheye (3in1) jepit clip cuma 125rb
makro wide magnet cuma 80rb
makro wide clip cuma 90rb
fish eye clip cuma 100rb
tele tripot holder 225rb
tongsis 125rb
dan produk terbaru kami
FISH EYE 235derajat cuma 170rb
hub sms dan whatsapp 085746668989
pin bbm 24b269b5
kunjungi juga blog kami
http://romdankurkur.blogspot.com
Posting Komentar